Kamis, 24 Oktober 2024
33.3 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaAneka Ragam Budaya Dalam Pawai Pilkada Serentak 2024

    Aneka Ragam Budaya Dalam Pawai Pilkada Serentak 2024

    SURABAYA – Aneka ragam budaya dari 38 kabupaten-kota se Jawa Timur ditampilkan dalam Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 di Area Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (23/10/2024). Kirab ini juga dimeriahkan fashion carnival, barongsai, reog, serta seni budaya lainnya.

    Kirap maskot Pilkada serentak ini merupakan kreativitas yang dikerjakan oleh KPU Jatim dan KPU kabupaten/kota untuk mensukseskan Pilkada 2024. Rangkaian kegiatan ini diawali Juli dilepas di Kabupaten Pacitan wilayah ujung dan Kabupaten Sumenep.

    “Ada dua rute yang sudah dilalui kendaraan-kendaraan hias ini dan telah sampai di Surabaya. Ini puncak kirabnya. aksi-aksi seperti ini diharapkan akan meningkatkan partisipasi pemilih,” Ungkap Aang Kunaifi, Ketua KPU Jawa Timur  kepada wartawan di area Tugu Pahlawan, Surabaya, Rabu (23/10/2024).

    Baca juga :  DPRD Surabaya Soroti Kinerja PD Pasar Surya

    Harapan dari kirap ini berbanding lurus dengan agenda transisi kepemimpinan konsolidasi politik di wilayah provinsi Jatim yang semakin matang melalui parade keanekaragaman budaya di 38 kabupaten/kota.

    Ketua Divisi Sosdiklih Parmas KPU Jatim, Nur Salam menambahkan, acara akan berlangsung hingga nanti malam. Kreasi itu juga merupakan bagian sosialisasi pendidikan pemilih. “Provinsi Jatim merupakan satu-satunya yang menggelar kirab maskot,” ucapnya.

    KPU Jatim juga mengerahkan seluruh jajaran komisioner dan sekretariat. Masing-masing menampilkan defile kostum atraktif seperti karnaval dan membawakan kesenian dari daerah mereka malam nanti.

    Kirab Maskot Pilkada serentak ini diberangkatkan oleh Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi dari depan kantor gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya. Rute selanjutnya, Jl Kramat Gantung, Jl Blauran, Tunjungan Genteng Kali, Jalan Tunjungan dan berhenti di depan Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Soeryo. (guh/min)

    Reporter : Teguh Safrianto

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan