Kamis, 24 Oktober 2024
26.7 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriSurvei SMRC, Pasangan Dhito - Dewi Unggul Telak Diatas Deny-Mudawamah

    Survei SMRC, Pasangan Dhito – Dewi Unggul Telak Diatas Deny-Mudawamah

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Dukungan terhadap pasangan calon bupati-wakil bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa jauh mengungguli pesaingnya Deny Widyanarko dan Mudawamah. Keunggulan pasangan petahana itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) periode 12 -17 Oktober 2024.

    ”Dengan simulasi surat suara, dukungan kepada pasangan Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa sekitar 79,6 persen, sedangkan dukungan kepada pasangan Deny Widyanarko-Mudawamah 13,0 persen. Sementara yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 7,5 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani dalam release yang diterima, Rabu (23/10/2024).

    Deni menerangkan, dukungan itu erat dengan popularitas calon yang bersangkutan. Mengerucut pada calon bupati, Hanindhito Himawan Pramana, jauh lebih populer dan banyak dipilih dibanding Deny Widyanarko. Hal itu terlihat Hanindhito dikenal oleh 93 persen warga dibanding Deny Widyanarko yang dikenal oleh 48 persen.

    Baca juga :  Pasangan FREN Kunjungi Warga Pakunden dalam Peringatan Hari Santri Nasional

    ”Selain lebih dikenal, tingkat penerimaan (likeability) Hanindhito juga lebih positif 95 persen dibanding Deny Widyanarko 65 persen,” tambahnya.

    Selain faktor popularitas, elektabilitas calon juga berhubungan dengan evaluasi pemilih terhadap kinerja petahana. Survei menemukan 90 persen warga merasa puas terhadap kinerja Hanindhito Himawan Pramana sebagai Bupati Kediri.

    ”Kepuasan warga yang tinggi ini dinilai turut mendorong elektabilitas Hanindhito sekarang ini,” tandasnya.

    Sebagai informasi, Survei yang dilakukan SMRC ini menggunakan metode multistage random sampling terhadap masyarakat Kabupaten Kediri di atas 17 tahun. Sedangkan survei menyasar pada 1.210 responden yang dipilih secara acak dengan margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan